SELAMAT DATANG DI ARALE BLOGSPOT
TERIMA KASIH SUDA BERKUNJUNG KE ARALE BLOGSPOT.COM KOMENTAR ANDA ADALAH INSPIRASI DAN MOTIVASI ARALE UNTUK MENGEMBANGKAN BLOG INI

Minggu, 29 Mei 2011

SUMBER_SUMBER AIR BUANGAN

Air buangan dari rumah tangga, bukan hanya air yang dipakai untuk menggelontor kotoran dari WC saja, melainkan juga air dari urinoir, air bekas mandi, air bekas untuk mencuci, maupun cucian dari aktivitas dapur, bahkan cucian dari wastafel.

Jenis air buangan tersebut karena sumbernya dari daerah pemukiman atau dari daerah domestik, maka air buangan tersebut dapat disebut : Air Buangan Domestik (Domestic Wastes).

Suatu kota, pada umumnya tata guna lahannya tidak hanya untuk daerah pemukiman saja, melainkan untuk berbagai macam penggunaan lain, misalnya untuk kantor pemerintahan, fasilitas sekolah, fasilitas balai pertemuan umum, fasilitas rekreasi, balai pengobatan dan rumah sakit, fasilitas perdagangan (komersial dan bisnis), industri, dan lain sebagainya.

Dari daerah-daerah tersebut diatas tentu akan dihasilkan air buangan karena aktivitas yang dilakukannya. Dari sekian banyak tempat-tempat dan daerah sumber penghasil air buangan, dapat diklasifikasi menjadi 3 golongan yaitu :

1.    Daerah pemukiman.

2.    Daerah komersial dan bisnis : hotel, perkantoran, bioskop, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

3.    Daerah industri.

Namun begitu pengklasifikasian di atas tergantung pula dari karakteristik air buangannya. Misalnya air buangan dari suatu laboratorium lembaga ilmiah atau bengkel kereta api dimana karakteristik air buangan menyerupai karakteristik buangan hasil proses industri, maka air buangan dari tempat-tempat tersebut di atas dapat dikategorikan sebagai air buangan industri. Daerah-daerah lainnya diman air buangannya mempunyai karakteristik yang sama dengan air buangan domestik, maka air buangan dari daerah-daerah atau tempat-tempat tersebut dapat dikategorikan sebagai air buangan domestik.

Air buangan dari daerah komersial dan bisnis, ada yang dikategorikan sebagai air buangan domestic, ada pula yang dapat dikategorikan air buangan industri.

Jadi sebenarnya hanya ada 2 macam air buangan:

  1. Air buangan domestik
  2. Air buangan industri

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites