SELAMAT DATANG DI ARALE BLOGSPOT
TERIMA KASIH SUDA BERKUNJUNG KE ARALE BLOGSPOT.COM KOMENTAR ANDA ADALAH INSPIRASI DAN MOTIVASI ARALE UNTUK MENGEMBANGKAN BLOG INI

Kamis, 26 Mei 2011

HAMBATAN DARI ATMOSFER

Material – material yang melayang dan tersebar di atmosfer berfungsi untuk menghambat, menyerap dan memantulkan tenaga radiasi matahari yang disebut denngan hamburan. Atas dasar besarnya material dan fungsi dari material hamburan, maka hamburan diklasifikasikan menjadi :

1. Hamburan
Hamburan ini terdiri dari material maupun unsur kimia yang sangat ringan seperti nitrogen, oksigen, gas, ozon dan sebagainya. Diameter dari hamburan ini lebih kecil dari spekrtum tampak. Hal ini dicirikan dengan warna langit yang kebiruan. Karena butiran hamburan lebih kecil dibandingkan panjang gelombang pada spektrum nampak maka banyak tersebar pada saluran biru (0,4 – 0,5 μm). Lillesand dan Kiefer (1979) menyebutkan bahwa hamburan Rayleigh menyebabkan foto hitam putih nampak berkabut sedangkan pada foto berwarna memberikan warna abu kebiruan yang mengurangi ketajaman objek pada foto.

2. Hamburan Mie
Hamburan jenis ini terisi oleh debu, kabut, asap, dan sebagainya. Material – material tersebut memiliki diameter yang hampir sama dengan spektrum nampak karena inti kebiruan ini menempati lapisan atmosfer yang tersebar dibawah hamburan Rayleigh. Hal ini dicirikan dengan warna langit yang keputihan pada waktu cerah. Hamburan ini banyak tersebar pada spektrum hijau (0,5 – 0,6 μm).

3. Hamburan Non Selektif
Hamburan ini memiliki diameter yang lebih besar dari spektrum nampak dengan material seperti asap, debu, uap air, CO3 dan sebagainya. Hamburan ini memiliki ciri warna langit yang gelap (awan kumulonimbus). Hamburan ini memliki fungsi yang berbeda tergantung dari unsur kimia atau material yang dikandungnya. Kandungan material atau unsur kimia tersebut dapat berubah tergantung kondisi dari permukaan bumi. Bila semakin banyak hamburan non selektif memungkinkan terjadinya penutupan atmosfer bagian bawah, unsur kimia mempengaruhi tingkat penyebaran pancaran matahari. Penyebaran hamburan ini semakin luasakan mendesak hamburan yang lebih ringan, terutama hamburan yang mengandung unsur karbon.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites