SELAMAT DATANG DI ARALE BLOGSPOT
TERIMA KASIH SUDA BERKUNJUNG KE ARALE BLOGSPOT.COM KOMENTAR ANDA ADALAH INSPIRASI DAN MOTIVASI ARALE UNTUK MENGEMBANGKAN BLOG INI

Kamis, 26 Mei 2011

CARA BIAR BLOG KITA TERLIHAT PROFESIONAL

Kegiatan ngeblog bukanlah kegiatan yang mudah. Mudah dalam arti mencari popularitas dan nilai jual yang baik terhadap blog tersebut. Memang secara konsep kegiatan ngeblog mudah, yaitu hanya kegiatan menulis artikel dan kemudian mempublikasikannya. Tetapi apakah semudah itu untuk terkenal ? Jawabannya adalah tidak. Banyak sekali faktor penentu agar blog kita terlihat bagus dan profesional yang nantinya akan membuat blog semakin terkenal.

Blogging adalah salah satu kesempatan untuk berinteraksi dengan pengunjung blog. Membuat relasi yang hangat dengan pembaca adalah hal yang terpenting. Sehingga kita tidak seharusnya berbohong mengenai jumlah subscribers, Page Rank, pendapatan dari blogging, atau hal-hal lainnya. Pada saat memposting artikel, kita bisa bicara jujur dengan calon pembaca, misalnya sebagai blogger yang kurang pengalaman atau blog kita baru, maka kita belum mempunyai banyak pengunjung dan pengikut.
Jika merasa blog kita kurang pengunjung, teruslah memposting artikel yang bermutu, lakukan survey tentang artikel apa yang sedang diminati, memberikan komentar secara positif di blog lain, ini adalah cara menjual blog secara profesional. Ketika anda berkunjung ke blog yang sepi (seperti blog ini…), pelajari apa yang kurang, lalu perbaiki.
Berkunjunglah ke blog lain yang mempunyai tema sama. Lihat para master disana. Bandingkan blog mereka dengan blog kita, dari isi artikelnya, tata tulisnya, pemilihan template, pengaturan iklan, dll. Jika kita menemukan blog favorit, hendaknya tidak menirunya, tetapi belajarlah dari situ. Demikian juga ketika kita berkunjung ke blog yang tidak begitu kita suka, pelajarilah. Apakah blog tersebut terlalu banyak iklan, memasang gambar yang tidak pas yang pada akhirnya mengganggu kita saat membaca artikel, dll. Lalu bandingkan dengan blog kita, apakah blog kita terlihat seperti ini?
Jika kita menggunakan template gratisan, segeralah modifikasi. Karena banyak orang lain diluar sana yang akan mempunyai tampilan blog yang sama dengan blog punya kita. Ini menjadikan blog kita terlihat kurang profesional.
Jika PR kita masih nol (0), ya jangan memasang widget untuk menunjukan PR kita. Pilih-pilih lagi untuk memasang widget, karena jika salah memasang widget, maka pengunjungpun akan segera meninggalkan log kita.
Saya pernah menemukan sebuah blog dengan komentar cukup banyak, anehnya pada komentar-komentar tersebut tidak ada link yang mengarahkan saya kepada si pemberi komentar. Saya berpendapat ini pasti komentar palsu. Sebaiknya kita tidak memberikan komentar palsu kepada artikel kita sendiri. Biarkan pembaca dengan tulus memberikan komentar secara obyektif. Jika kita ingin mendapatkan komentar pada artikel kita, ya berkunjung ke blog lain dan tinggalkan komentar disana. Paling tidak pemilik blog tersebut membalas komentar kita dengan link yang kita tinggalkan karena penasaran siapa kita.
Memberikan komentar di blog lain juga ada peraturannya. Spam jelas tidak disuka oleh pemilik blog atau pembaca lain. Berkomentar dengan baik pasti akan mengarahkan pengunjung ke blog kita.
Hhh…kayaknya panjang banget saya nulisnya, gak kerasa. Tapi begini kesimpulan jika anda ingin blog anda terlihat profesional :
  1. Jangan memasang statistik palsu. Pengunjung pasti tahu kok.
  2. Bicaraah tentang pengalaman anda sendiri.
  3. Tanggapilah setiap komentar dengan baik.
  4. Berterima kasihlah kepada pembaca atas komentarnya.
  5. Jangan menyerah, butuh waktu lama untuk membuat blog bagus dengan banyak pengikut.
  6. Selalu memposting artikel baru walau tidak ada yang berkomentar. Paling tidak akan menambah jumlah artikel blog anda dan membantu google untuk mengindex blog anda.
Bagaimana menurut anda? Saya yakin artikel saya ini banyak yang kurang karena pengalaman blogging saya juga minim, jadi jika anda memberikan saran atau kritik, dengan senang hati saya menerimanya. Ya paling tidak kita bisa berbagi bersama.

sumber : http://yogopunyablog.blogspot.com/2009/11/cara-membuat-blog-terlihat-profesional.html

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites